Kamis, 14 Juli 2011

Adam dalam bidikan Koran Jitu

Suka Tokoh Anoman
Adam Gifari
TTL       : Surakarta, 13 September 1999
Alamat : Grogol, Embarkasi Haji, Boyolali
Ibu        : Gita Andini Saputri
Bapak : H. Rhoma Irama
KECIL-kecil cabe rawit, itulah sosok Adam Gifari. Sejak usia 3,5 tahun Adam sapaan akrabnya, sudah piawai memainkan wayang alias ndalang. Awalnya sih sepele.


Putra Raja Dangdut Rhoma Irama ini tertarik dengan wayang ketika diajak jalan-jalan ke sekaten dan melihat wayang. Setelah itu dia merengek minta dibelikan wayang dan minta dilatih menjadi dalang. Memang mengalir darah seni di tubuh Adam, tapi dia tidak mau mengikuti jejak sang ayah.


“ Saya nggak mau jadi penyanyi, biar Papa aja yang nyanyi. Saya ndalang aja,” katanya dengan senyum. Di Sanggar Seni Sarutomo, anak laki-laki yang hobi menggambar ini berlatih dalang.


Dia mengaku selalu berlatih dalang tiga kali dalam seminggu. Tak heran kalau dia hafal nama-nama tokoh wayang. Ketika ditemui di sekolahnya SD Al Firdaus Adam menyebutkan beberapa tokoh wayang. Kira-kira siapa yang jadi tokoh favoritnya ?


Cowok yang duduk di bangku kelas V ini mengaku tokoh pewayangan idolanya adalah Anoman. Kenapa Anoman ? “ Anoman itu ka yak pegadaian, mengatasi masalah tanpa masalah,” ujarnya.


Saat ini, Adam punya keinginan untuk meng-combain antara wayang kulit dengan wayang orang. Untuk dalang senior, Adam mengaku punya beberapa idola. Kalau dilihat dari sabetannya, anak pertama dari dua bersaudara ini suka dengan Ki Manteb.


Kalau dari kreatifitasnya dia suka dengan Ki Enthus. Nah, untuk Ontowecononya Adam sangat nge-fans dengan Anom Suroto dan Warseno Slank. Selama menjadi dalang, Adam mengaku tak ada duka yang pernah dia alami.


Walaupun kadang harus ndalang sampai semalaman dia tetap enjoy. Pentas yang paling berkesan baginya adalah ketika pertama kali dia manggung. Dia pun kerab pentas di beberapa tempat bersejarah.


Dan itu membuatnya bangga, selain pentas dia juga tambah pengetahuan. Saat acara pertemuan dalang dalang cilik se- Indonesia, anak yang pernah menggondol gelar juara dalam lomba dalang tingkat nasional ini diberi gelar Dalang Hangabehi.


Sebagai anak sekolah, gimana ya Adam membagi waktu antara sekolah, latihan, dan manggung? Selain cerdas, dia sangat pandai membagi waktu. Bahkan, dia sudah punya kiat biar sekolahnya nggak keteteran.


Yang penting makan dan istirahat yang cukup dan nggak lupa belajar tentunya. Meski sering manggung ke luar kota, tapi sekolah tetap menjadi prioritas utama buat anak yang punya pembawaan santun dan ramah ini. Nilainilainya pun selalu memuaskan.


Mungkin kerajinannya ini berkaitan dengan citacitanya. Mau tahu cita-cita Adam? “ Saya punya cita-cita jadi presiden yang pinter ndalang,” katanya polos. (uty)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar